Penggemar otomotif banyak yang paham manakala bensin digantikan elpiji dapat menjalankan mesin kendaraan seperti sepeda motor. Hasilnya akan lebih irit dan ramah lingkungan. Tetapi, faktanya masih terlampau sedikit orang yang berani mengaplikasikannya.
Kalau tidak tahu tekniknya, tabung elpiji untuk bahan bakar sepeda motor itu bisa meledak dan mencelakakan orang di sekitarnya,” kata Soelaiman Budi Sunarto, pendiri Koperasi Serba Usaha (KSU) Agro Makmur, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
Sekarang ini elpiji dalam kemasan tabung kecil ukuran tiga kilogram sangat mudah dijumpai. Tetapi, masih saja belum begitu banyak orang yang mengenal teknik konversi bensin menjadi elpiji untuk menjalankan mesin sepeda motor.
Budi sejak tahun 1998 membentuk perusahaan Agro Makmur di Desa Doplang, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Ia mengembangkan teknologi energi yang ramah lingkungan berbahan dasar bio-etanol dan metana atau biogas. Dilengkapi pula pembuatan sarana produksinya, seperti alat biogas konsumsi sampah untuk mengubah sampah organik kering menjadi metana atau sarana untuk pemakaian bio-etanol dengan kompor berbahan bakar hemat etanol.
Sejak 2009 ditemukan elpiji untuk bahan bakar sepeda motor. Satu kilogram elpiji sudah diuji coba mampu untuk menjalankan sepeda motor sejauh 100 kilometer sampai 200 kilometer. Jarak tempuh sejauh itu akan bergantung pada beban penumpang dan kelandaian jalan yang ditempuh.
Membran
Elpiji tidak bisa serta-merta dialirkan begitu saja ke ruang pembakaran mesin sepeda motor. Jika dilakukan asal-asalan, percikan api pada ruang pembakaran akan merembet menuju sumber elpiji, meledaklah tabung elpiji itu.
Budi mengatakan, kuncinya terletak pada membran. Membran terbuat dari tabung besi yang berfungsi menyimpan stok elpiji sebelum masuk ruang pembakaran melalui karburator. Kemudian karburator itu dimodifikasi. Tidak terlampau rumit memodifikasinya, tinggal menanggalkan fungsi pelampungnya. Fungsi pelampung di gantikan dengan membran itu.
”Hanya dua hal itu yang harus dilakukan. Jangan sekali-kali mencoba mengalirkan elpiji langsung menuju ruang pembakaran melalui karburator. Percikan api akan menjalar ke mana-mana, tabung elpiji akan meledak,” kata Budi.
Katup penyaluran gas
Untuk uji kelayakan membran, Budi dibantu peneliti dari Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Suryadi. Menurut Suryadi, prinsip kerja membran menggantikan fungsi pelampung dengan mempertimbangkan fleksibilitas bahan.
Membran dibuat dengan tabung besi berdiameter 8 sentimeter dengan panjang sekitar 4 sentimeter. Pada permukaan atas dan bawah tabung membran diberikan lapisan karet. Supaya tidak bocor, permukaan karetdilapisi dengan pelat besi tipis. Dari tabung membran itu disediakan katup penyaluran gas ke karburator.
Menurut Suryadi, dalam pengujian kelayakan membran, daya tahan terhadap tekanan dipersyaratkan minimal mencapai 12 bar. Ini untuk mengantisipasi kekuatan tekanan elpiji yang berasal dari tabung elpiji.
Batas kemampuan menahan pada membran 12 bar itu untuk melampaui tekanan pada tabung elpiji yang hanya 10 bar.
Setelah elpiji mengalir ke karburator menuju ruang pembakaran, akan dibaurkan dengan udara. Mengenai komposisinya, secara umum pada sepeda motor bensin berbanding 1 untuk kapasitas bensin dengan 13 sampai 15 kapasitas udara.
Menurut Budi, berbeda halnya dengan komposisi yang dibutuhkan pada elpiji dengan udara. Komposisinya berbanding 1 untuk kapasitas elpiji dan 5 sampai 18 kapasitas udara.
Rinciannya demikian. Untuk start atau menyalakan mesin motor, dibutuhkan komposisi 1 untuk elpiji dan 5 untuk udara (1 : 5). Selanjutnya, untuk mesin menyala stasioner dengan komposisi 1 : 8.
Menuju akselerasi mesin komposisinya naik 1 : 12 dan menjadi 1 : 18 saat berjalan normal.
Harga ritel elpiji 3 kilogram di pasaran Rp 14.000 sampai Rp 15.000 per tabung. Harga ini setara dengan sekitar 3,3 liter bensin (dengan harga Rp 4.500 per liter).
Menurut Suryadi, kisaran jarak tempuh 1 kilogram elpiji itu bisa 100 sampai 200 kilometer. Maka, satu tabung 3 kilogram elpiji bisa untuk jarak tempuh berkisar 300 sampai 600 kilometer, sedangkan 3,3 liter bensin hanya untuk sekitar 100 kilometer.
”Elpiji terbuat dari butana dan propana yang masih tergolong mahal jika dibandingkan metana yang bisa dihasilkan melalui pembakaran anaerob sampah organik kering,” kata Suryadi.
Metana, menurut Suryadi, masa depan bahan bakar kendaraan. Hanya saja saat ini pengepakan dan distribusinya masih menjadi kendala.
Motor Bensin Lebih Efisien Pakai Elpiji
Bahan bakar bensin untuk sepeda motor dapat dikonversi dengan elpiji. Berdasarkan uji coba praktisi energi alternatif, daya tempuh penggunaan 1 kilogram elpiji bisa mencapai 200 kilometer. “Secara teori, penggunaan elpiji atau bahan bakar gas lainnya bisa menggantikan bahan bakar minyak untuk mesin kendaraan,” kata Kepala Balai Besar Teknologi Energi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) M Oktaufik.
Menurut Oktaufik, gas belum populer digunakan. Kendala implementasinya terletak pada persoalan distribusinya. Bahan bakar cair paling menunjang proses distribusinya, sedangkan bahan bakar gas lebih rumit. “Tetapi, teknologi pengemasan gas seperti tabung elpiji 3 kilogram seperti sekarang makin memudahkan distribusi gas,” kata Oktaufik.
BPPT, menurut Oktaufik, pernah mengonversi bahan bakar diesel dengan elpiji di Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu. Saat itu terjadi kelebihan pasokan elpiji sehingga dimanfaatkan PLN untuk membangkitkan listrik. ”Efisiensi saat itu terjadi, bisa menghemat 30 persen,” kata Oktaufik.
Praktisi energi alternatif Soelaiman Budi Sunarto, pendiri PT Agro Makmur Karanganyar, Jawa Tengah, menyampaikan telah berhasil menguji coba penggunaan elpiji untuk sepeda motor. Hasilnya, 1 kilogram elpiji bisa untuk menempuh jarak sekitar 200 kilometer, yang berarti sangat efisien.
Peralatan yang dibutuhkan berupa tabung membran. Kegunaannya untuk membatasi stok elpiji ke ruang pembakaran, sekaligus sebagai penyekat percikan api. Tabung membran dirancang dengan besi bekas pompa berdiameter 8 sentimeter dengan ukuran panjang tabung 4 sentimeter. Pada permukaan tabung membran dilapisi karet dan pelat seng 0,8 miligram berat jenisnya agar fleksibel bila terkena panas. “Saya baru bisa memproduksi tabung membran itu belasan jumlahnya,” kata Budi.
Ilustrasi
Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) tengah mengembangkan penggunaan elpiji untuk sepeda motor. Suryadi dari Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Batan mengatakan, penggunaan bahan bakar ini akan lebih irit dan bisa mengurangi polusi.
Elpiji tidak dialirkan begitu saja ke ruang pembakaran mesin sepeda motor. Jika dilakukan asal-asalan, percikan api pada ruang pembakaran akan merembet menuju sumber elpiji dan bisa meledakkan tabung elpiji.
Kuncinya, kata Suryadi, membuat membran dari tabung besi yang berfungsi sebagai penahan tekanan gas elpiji sehingga bisa masuk ke karburator secara teratur sesuai dengan kebutuhan. Karburator juga dimodifikasi. Tidak terlampau rumit memodifikasinya, tinggal menanggalkan fungsi pelampungnya. Fungsi pelampung digantikan dengan membran itu.
“Pelampung itu kita copot lalu kita masukan semacam membran untuk pengatur masuknya elpiji sehingga tidak terlalu besar masuk ke pembakaran. Tangkinya nanti tangki elpiji kita letakkan di belakang, tempat helm itu, kemudian gas disalurkan ke membran sebelum masuk ke pembakaran. Tabungnya yang tiga kilogram, yang sering dijumpai di pinggir jalan,” kata Suryadi.
Suryadi menjamin tidak akan ada kebocoran gas, karena saat sepeda motor dimatikan membran secara otomatis menutup jadi tidak ada sisa gas yang menuju ke karburator.
Ia menambahkan, harga ritel elpiji 3 kilogram di pasaran Rp 14.000 sampai Rp 15.000 per tabung. Harga ini setara dengan sekitar 3,3 liter bensin (dengan harga Rp 4.500 per liter).
Menurut Suryadi, kisaran jarak tempuh 1 kilogram elpiji itu bisa 100 sampai 200 kilometer. Maka, satu tabung 3 kilogram elpiji bisa untuk jarak tempuh berkisar 300 sampai 600 kilometer, sedangkan 3,3 liter bensin hanya untuk sekitar 100 kilometer.
Batan rencananya akan menguji coba teknologi ini pekan depan di Pusat Penelitian Ilmu dan Teknologi (Puspitek) Serpong, Tangerang. Suryadi optimistis program ini bisa berjalan karena gas elpiji sangat mudah didapat.
(kompas.com)
judul asli: Elpiji untuk Bahan Bakar Sepeda Motor
Melengkapi artikel ini silahkan baca ebook MOTOR BAHAN BAKAR GAS LPG TEMPUH 213 KM
artikel terkait:
Tips Trik Irit Bahan Bakar Motor
HALAMAN LAINYA
gimana dapat di peroleh mambranya?sudah lolos sni blm? harganya berapa tolong hub 085736404025
makasih mampir.sebelumnya saya mhon maaf, karena artikel yang didapat adalah sifatnya informatif yang kurang kedetailanya scara spesifikasi tekniknya.khususnya tentang detail skema dan sistem kerjanya membran tsb tak disebutkan jelas.saya juga tertarik, dan pernah searching orang yg dimaksud dalam ertikel tp nihil. tapi jangan putus asa, ada info jika funsi membran tsb adalah untuk mencegah flashback titik api maka bisa di pertimbangkan alat
“flash back arrestor” yang biasa dipake pada sistem las karbit.tapi ini juga butuh percobaan, saya belum pernah dengar juga yang memakai alat ini dan sukses.harap maklum.
bagaimana keamanan dengan mengunakan tabung elpiji
padahal kompor aja bisa meledak apa kah ada sudah perhitungkan berapa persen resiko atau kendala yanga, akan kita dapat pada saat menggunakan bahan bakar gas
kita boleh akja berhermat BB tetapi klu resiko tinggi
buat apa
maksh mampir dn apresiasinya juga masukanya. memang selama ni belum ada standartnya untuk bbm gas baik mobil ato spd mtor. jd resiko stiap saat mengintai, dan kelangsunganya sifatnya hanya modifikasi smpe skrg.
yg saya tahu tuk mobil sudah mendingan, saya pernah melihatnya lngsung pemasangany dan percobaanya pd bbrp puluh taksi di perusahaan taksi malang saat itu th 1996.iya sih resiko mm besar, spd motor saya lom pernah dengar kestabilanya. kalo masalah meledak…dalam dunia teknik bengkel(jasa instalasi gas) insyallah masih bisa dipercaya upaya ketelitianya, masalah resiko krn ga ada standart, kembali kpd pertimbangan pemakai. tinggalin aja klo meragukan.
terima kasih … ilmu … ikut download gambar…
mesin elpigi kira kira tuh cocok tuk karbu yang statis deh….
gerakan motor … selang mobat mabit… bocor… apalagi kasus kasus tabrakan..motor….. ye ye ..
sepakat tuk “percikan api terbalik……ke tabung”
ada yang mau coba….. kembangkan ikut yooo kabar kabarinya…
salam met lebaran
makasih mampir dan tanggapanya. iya..memang masih berisiko krn ga da standartnya. inti keamananya pada membran yg disebut diatas yg berfungsi mencegah flashback api.
permisi mas mbak bapak ibu, saya numpang kmentar yaaa….
secara teknik memang gambar di atas sudah bisa menggerakkan motor dengan menggunakan LPG, namun dari segi keamanan memang kurang, apalagi gas tidak tampak wujudnya dan hanya bs di deteksi dengan melihat tekanan serta bau. untuk keamanan mungkin bisa ditambah dengan water protector setelah membran seperti pada tabung gas oksigen yang di pakai di rumah sakit itu tuh. nah dengan demikian saat terjadi hal2 yang tidak di inginkan gas tidak langsung menjalar ke tabung tapi ke protector terlebih dahulu, disini “membran” atau entah apalah namanya bisa di ganti dengan kran biasa kok, yang terpenting bisa menurunkan tekanan tabung gas yang akan disalurkan ke mesin menjadi lebih kecil. prinsip dasarnya bisa dilihat pada tabung gas oksigen baik yang di pake tukang las atau rmh sakit. benar apa yang di katakan mas THEPATRIA, kalo ragu mending tidak usah di coba, karena memang untuk membuat gebrakan kita harus berani berkorban, jika tidak mau ya ikuti jaman saja. tapi jika tertarik menggunakan LPG sebagai bahan bakar alternatif boleh lah kita berbagi ilmu. maaf jika saya kelihatan sok pintar, saya sadari masih ada langit di atas langit, jadi intinya jangan takut pada bayangan sendiri
mas ijin copy gambarnya…
silahkan mas..saya juga hasil kopi..hehe
maaf mas saya tertarik dengan bbm+ elpiji cuma kurang jelas membran nya, bisa bikin sendiri ga ya. soalnya mau nyoba nih.
maksh ats kunjunganya. sebelumnya mohon maaf atas artikel yang saya publikasikan ulang dari sebuah sumber,memang kurang details. Artikel itu sifatnya informatif dan umum, yang secara teknis kurang detailnya. seperti yang saya sebut dlm koment sebelumnya ada alternatif membran yg dipakai pada las karbit “flash back arrestor”.smg nambah masukan.
baca juga artikel terkait insyallah:
maju terus modifikator! Jgn stengah2 infonya, mesti tuntas!
di mana saya bisa dapatkan membranya,,, kalau minta kirim biayanya berapa,,,?
makasih mampir mas jo…sebelumnya maaf, artikel diatas informatif.pembuatnya oleh media publishnya ga di tunjukan. saya sendiri juga tertarik, namun hingga kini belum ketemu tempat dan aplikasi modifikasi ini. insyallah pencarian berlanjut, jk ada info baru yg lebih ‘real’ dan jelas tempatnya akan di publish.
klo boleh ngasih saran nich mending pkAI double carburator.coz brtimbangan pd saat kehabisan bahanbakar di tengah jalan dan sistem keamanan yg blum ada standarnya.jd tidak hilang fungsi aslinya.dan sistem itu yg masih saya pikirkan.klo ada yg mau mbatu mikirsms aq aja ya.085648166630
maksih mampir.
setuju..saya berpikir pake water protektor spt sistem keamanan titik balik api pada instalasi gas asetelin…
karburator 2?. kalo nurut aku tetep pake satu karburator aja dan diisi bahan bakar seperti biasanya.tapi ditutup katup bensinya saat pake gas,jika gas abis baru pake bensin tuk jalan darurat. : )
tp di liat dr segi logis membran itu tdk brpengaruh bnyak.dlm sistem keaman.mending pakai water protector.
jelasin yang deyail donk tentang membrannya.
Penulis sumbernya tidak mendetailkan secara teknis komponen membranya. tapi yang kita tangkap maksud penulis membran fungsinya tuk mengatur masuknya gas ke karburator. membran tsb modifikasi sendiri, belum ada standart di pasaran.
ya,,,makasih ilmunya..tapi untuk mendapatkan katupnya dicari dimana?
membrannya carinya atau dapatnya dimana?
maaf mas sampai saat ini belum ada penjual resminya
mas budi,,,saya tolong di buatkan mebran buat motor dan buat mobil,mobil saya mobil kuno,,masih pke carbrator,cc nya sekitar 2600,harga mail edie_nganjuk@yahoo.com sertakan nmr hp pean yaa
mas ud coba sendiri ap cuma copy paste doang…. gambar karburator yang ditutup mana, lobang angin pada tutup botol seberapa besarnya,,,,,
makasih mampir jg apresiasinya…
iya memang copy paste..hehe tp nurut saya tdk semua copy paste negatif…menyebarkan kemanfaatan ilmu atau informasi berguna ke orang lain…insyallah jd amalan baik lho…. lagipula berita ini pernah publish di koran. memang infonya tidak detail banget….
saya ada di surabaya mohon informasi bengkel yang bisa pasang lpg ke sepeda motor saya salam ghufron 08315880691
sejak info ini ada…saya belum dapat info bengkel yg khusus pasang instalasi ini.
makacih ats bagi2 ilmunya moga sakses
saya sangat tertarik dg artikel bahan bakar gas untuk sepedah motor, sangat bagus efesien, saya sudah lama ingin mencobanya tapi belum tau caranya.. artikel ini sangat membantu saya. tapi tolong dong beri gambar yang lebih detil mengenai perubahan yang perlu dilakukan pada karburatornya. misalnya tabung pengganti pelampung bensin bentuknya sprti apa trus tutup plastik itu detilnya bagaimana trimakasih
sory bro…infonya masih terbatas ini…dishare segera klo dpt detailnya…
Konstruksi detail membran dan modifikasi carbunya ada ng,gak gan, atau bisa dibeli kit nya ng,gak ….berapa harganya gan ….
mkasih mampir…sory bro…infonya masih terbatas ini…detailnya lom didapat…share klo dpt lebih dulu ya..biar temen2 yg pengen jg tahu.. : )
kira2 bisa ga motor matic pake bbg
lain kali kalo ngasih info tolong diperjelas mengenai sumbernya sehingga pembaca tidak banyak yang kebingungan.. trim’s
Membaca semua komentar dari teman-teman, semuanya (TERMASUK SAYA) sangat ingin tahu dan SANGAT berminat untuk menggunakan LPG utk sepeda motornya, tetapi nggak ada SOLUSINYA,. . …… Mestinya dunia pendidikan (SMK/Universitas) dan pemerintah juga harus turut terlibat untuk melakukan riset dan pengembangan converter kit untuk sepeda motor, sehingga sepeda motor juga bisa menggunakan gas, khususnya LPG 3 kg yang sudah bisa langsung digunakan, tanpa menunggu kesiapan infrastruktur yang butuh waktu yang lama dan biaya trilyunan. Dengan demikian sepeda motor juga bisa ikut berpartisipasi dalam program konversi BBM ke gas (LPG) dengan lebih cepat dan jumlah sepeda motor yang begitu besar tentunya pasti akan menghemat BBM. Saya pikir ini jauh lebih simpel/mudah dan diharapkan juga murah sehingga terjangkau oleh pemilik sepeda motor. Juga proses sosialisasinya bisa dilakukan dengan segera jika alat konversi yang handal sudah ditemukan. Rupanya Pemerintah hanya memikirkan konversi hanya untuk kendaraan roda 4 ke atas, kenapa tidak dipikirkan konversi juga untuk sepeda motor yang jumlahnya jutaan unit.
Dunia pendidikan Ayo tunjukkan kreativitasmu . . . ………
setuju bro… semoga ada bpk2 ato ibu2 pembimbing sekolah kejuruan yg mengetahui…soal ini…
wow…….kayaknya kalau saya bisa bikin alatnya bisa laris neh…(kalau bisa n terjamin keamanannya) tenang sobat se hati,saya juga punya program sama…yuk sama2 kita kembangin….yang berhasil upload y.
menurut saya agar menampil kan daftar harga barang yang di gunakan terutama membran
boleh kalo mau dijual dipasaran(produksi masall) , jangan lupa sisi keamanannya yang lebih penting……..
mas itu tentang membrannya ada gambar yang lebih detail g y??saya tertarik untuk mempelajarinya….syukur” bisa dikembangkan…..makasih…
sory bro…dapat dr sumbernya hanya itu…tp jk pean serius bisa konsul ke teknisi kepercayaan bengkel nya njenengan….
Para petani didaerah sragen, sudah menggunakan gas elpiji 3kg untuk menggantikan BBM yang dipakai untuk menghidupkan mesin pompa pengairan sawah. Membran yang dipakai hanya menggunakan setelan pada slang infus yang sering dipakai dirumah sakit. karena fungsi membran itu sendiri hanya untuk mengurangi tekanan dari tabung. Cuma untuk detail dicarburatornya saya kurang paham.
jazzakallahukhairon akang…atas masukanya semoga jadi pelengkap info ini….
very good. Tinggol mo para pejabat yg brwnang mmbrdykn orang pribumi kreatif. G mntal proyek
untuk orang otomotif lihat gambar sama keterangannya kurang cukup
iya benar bro…ini info subtansi…details teknisnya kurang…tapi masuk akal, karena di mobil aja pernah saya lihat memakai sistem ini…motorpun pasti juga bisa…hanya aja tak ada pengembang ke arah ini…mungkin krg ekonomis ya,,,?
saya setuju skli, motor berbahan bakar gas karna slain efisen jg ramah lingkungan jg kedepannya akan mengurangi krisis energi, dan kl boleh tau di mana sy bisa dapatkan membran nya ,tlng di informasikan ke saya ,,terima kasih !.
Saya juga sangat tertarik untuk bisa mengaplikasikan lpg pada sepeda motor, kalau boleh ikut urun rembug, yang untuk mengurangi tekanan gas dari tabung sudah ada regulator yang biasa dipasang pada tabung, secara umum fungsi membran adalah untuk menutup aliran secara otomatis apabila tidak dibutuhkan sepertinya pada sepeda motor model sekarang aliran bensin akan melewati membran/katup yang akan membuka bila ada daya isap dari karburator, maka sudah tidak digunakan lagi sistim kran, saya lebih setuju dengan penggunaan flash back arrestor” dari pada pakai water protektor, karena dikhawatirkan air pada water protektor akan menggumpal/menjadi es apabila terkena aliran elpiji.
Saya pernah lihat generator listrik yang satu pakai bbm/bensin dan yang sebelahnya pakai LPG, ada semacam alat seperti tabung sebelum masuk ke karburator, saya tidak tahu namanya, sayang tokonya tidak menjual spare part tersebut.
Agar LPG bisa digunakan untuk sepeda motor, perlu tekanannya gasnya diturunkan sampai 0.05 Bar. Untuk menurunkan tekanan sampai 0.05 Bar kita masih bisa menggunakan Regulator yg biasa digunakan untuk kompor rumah tangga, tapi gunakan yg jenis High Pressure Regulator karena kalau menggunakan yg jenis Low Perssure Regulator, debit/ flow nya kurang. Dari regulator gas yang sudah diturunkan tekanannya, disalurkan lewat selang dengan dicabang dua menggunakan ‘naple’ pembagi menuju karburator. Pada karburator lepaskan ‘wadah’ bensin dan pelampunnya, krn tidak akan kita gunakan. Pada bagian bawah karburator terdapat dua spuyer/jet, yaitu pilot jet dan main jet. Dua selang dari regulator tadi, satu sambungkan ke spuyer pilot jet dan satu lagi sambungkan ke spuyer main jet. Selanjutnya tinggal coba dihidupkan, dan setel idle / langsam. Sebagai pengaman gunakan kran/valve gas yang dipasang antara regulator dan karburator.
Saya menggunakan sepeda motor dengan LPG ini sudah hampir satu tahun. Kinerjanya tidak begitu jauh dibandingkan saat menggunakan bensin. Kelebihannya mesin terasa lebih tenang dan halus, harga gas lpg per liternya lebih murah dari bensin, apalagi mungkin nanti april setelah ada kenaikan harga bensin jadi Rp 6000/ liter, harga lpg menjadi 50% lebih murah. Kekurangannya jarak tempuh lpg per kg-nya kurang sedikit dibanding bensin dan kesulitan penyimpanan tabung LPG pada sepeda motor, selain itu mengurangi ‘keindahan’.
masyaalah masukan bagus…trims akang apresiasinya…klo bisa ada gambarnya akang..
ada anak kreatif lagi yang telah mengutak atik motor dengan BBM gas dia adalah fiktor rosydi. hasil utak atiknya, 3kg gas mampu unutk menempuh 350km.. simak beritanya
http://balitbang.jatimprov.go.id/balitbang/index.php?option=com_content&view=article&id=94:motorlpg&catid=41:beritaeksternal&Itemid=146
Yang terhormat @thepatria,
untuk gambar dan proses pembuatan Konverter Kit LPG untuk sepeda motor bisa dilihat di http://motor-lpg.blogspot.com
semoga bermanfaat buat semuat
mas bagaimana membran diganti dengan valve 3000 psi dan ditambah didepannya cek valve dan tabung gas kita ganti dengan pipa atau yg lain untuk tekanan sedang dengan dua bolongan 1 untuk kemesin 1 untuk pengisian tabung dan kita buat pompa tenaga aki bagaimana saran saya
bisa digambarkan dengan skema bro…
Ide dari bro hadi bagus sekali tentang ‘membran’ dan tabung gas. Tekanan gas LPG pada keadaan suhu normal sebenarnya hanya 87 psi (6 bar) saja. Jadi sebaiknya untuk menghemat biaya, semua bahan (kalau ada) cari yang berada diarea kerja max 10 bar saja, kecuali tidak ada lagi. Sebenarnya ‘membran’ ini adalah alat yang sederhana, hampir mirip dengan regulator LPG. Kalaupun kita mau membuatnya tidak akan lebih dari rp. 100 ribu, itupun sebagian besar untuk ongkos bubut.
Sebenarnya saya pun ingin memiliki tabung gas yang mempunyai bentuk khusus agar mudah dan aman dipasang dikendaraan, tapi berhubung syarat dan standar tabung untuk gas ini sangat ‘tinggi’ jadi saya urungkan niat untuk membuatnya. Diantara syaratnya adalah: lulus uji HIDROTEST – diisi air dgn tekanan 31 bar tak boleh bocor, lulus LEAK TEST – diisi udara 18,6 tak boleh bocor, lulus UJI PECAH – tak boleh pecah pada tekanan 110 bar.
Melengkapi artikel ,baca ebook ini : https://thepatria.wordpress.com/2012/03/11/motor-bahan-bakar-gas-lpg-tempuh-213-km/
Cukup menarik,
Sekali lg trima kasih atas referensinya. Artikel ini setidaknya bs menambah wawsan kita semua ttg konversi BBM ke BBG?
Sekedar saran dr saya, untuk mengurangi resiko ledakan ‘bom’ tiga kiloan, bgmna jika uji menggunakan gas kompor portable/mirip gas tabung korek?
Krn menurut sya resiko ledakan gas ini lebih kecil dr pd tabung elpiji 3 kiloan.
Mari terus berkarya…
Joni Balikpapan
0811531194
tolong kirim gambar desain karburatornya beserta membrannya, kalau bisa sedetail mungkin dgn keterangannya. kirim lewat e-mail
maaf bro…gambar secara detail membran tak tersedia dlm artikel..kalo gambar karburator detail..googling aja,banyak sekali hasil pencarianya…
@tree yth,
gambar karbu lpg versi DIY (buat sendiri) bisa dilihat di motor-lpg.blogspot.com sudah lengkap dan detail.
Blog yang bagus dan topik yang bermanfaat, untuk sukses perjuangan memang harus keras & sabar…sukses for all bro 🙂
Pak minta tlong no HP anda Krim ke no sy,,085749669808 AN Nofal pasuruan,,sy tggu kirimanx,,, sy jg kebetulan kecimpung di dunia gas Tp di CNG /naturall gas,malah sy main pada high pressure pd tekanan 250 bar ,untuk suplai pada industri,,sy tertarik dg alat yg bapak refrensikan ,sy mau sharing bareng,sy tggu kontak Dr bapak,,,trm ksh
ijizsedot gan… informatif banget…. siapa yang udah punya….. (boleh dong)
beli alatnya di mana ya 085720511378
gimana cara dapetin membrannya
081335811462
gambar detail membran nya ada di:
http://motor-lpg.blogspot.com/2012/04/membuat-katup-vakum-untuk-konverter-kit.html
jadi bisa buat sendiri (minta bantuin bengkel bubut).
Di mn kita bisa dpt sttingan alat2ny tuk mrubah bensin ke LPG? Tlg hub 085291148078 tlg cantumkan rincian harganya!!
berapa hargannya membrannya mas
bagai mana kalaw memakai membran penyedot bensin yang
sudah ada pada motor
Sy baru baca ini artikel. tertinggal jauh deh.sy tertarik, dan apakah ada yg sdh bereksperimen dan berhasil di daerah Jakarta ?- Boleh di emailkan ke saya di yuda2771@yahoo.com.
Dan bagaimana kalau yg menggunankan karburator vakum ?
Terima kasih.
Saya sarankan jangan gunakan karbu yang terpasang, lebih baik beli seken/bekas karbu venturi lebih murah (saya beli cuma 40 rb).
setuju bro…juga tuk jaga2 klo da human errornya : ) karburator ori nya utuh
rata rata banyak yang positif terhadap bbg..tapi pemerintah teramat lamban..responnya… bisanya naikin mulu harga bbm…nggak ngasi solusi… kaya koversi minyak tanah ke bbg
saya ada untuk motor dengan bahan bakar LPG + karburator masih kepake, jadi bisa digunakan dua-duanya, sewaktu menggunakan LPG kalo kehabisan bisa menggunakan bensin..!!!
hub:083849336071
Artikel dan idex bagus skali, saya sangat tertarik. Semuanya mmpermasalahkan ttg membranx. Sya px ide bagaimana jika pakai membran kran bensin yang terdapat pada motor Yamaha V80, yg jika motor hidup ada hisapan dari karbo, lalu bensin mengalir pada karbo. Apakah ini bisa diaplikasikan ke BBG.? Tentang pelampung bensin, pada karbu sepertinya gag usah dilepas, itu tidak ada pengaruhnya. Sebab, jika di dalam karbu tidak ada bensin (zat cair) pelampung tak akan naik. Sehingga jika kehabisan LPG tinggal salurkan bensin dari tangki motor. Karbu tetap berfungsi baik menggunakan bensin/BBG. Asal selang lubang pembuangan bensin yang overload di karbu ditutup rapat hingga gas tak akan bocor. Trims., selamat berinovasi…
Bisa share juga dengan saya..
ABDUL HARIS, Konang, Bangkalan, MADURA
Trims…
Artikel dan idenya sangat bagus sekali Broo.. Sangat kreatif.. Saya sangat tertarik..
Semua mempermasalahkan ttg MEMBRANx. Saya punya ide yg mungkin bisa membantu, bagaimana jika pake membran kran bensin yang terdapat pada motor JADUL Yamaha V.80 yang jika motor hidup ada hisapan dari karbu, lalu bensin mengalir pada karbu. Apakah ini bisa di aplikasikan ke BBG.?
Tentang pelampung bensin pada karbu sepertinya gag usah dilepas itu tidak ada pengaruhnya. Sebab jika di dalam karbu tidak ada bensin (zat cair) pelampung tidak akan naik sehingga BBG tidak bisa masuk ke karbu tersebut. Fungsinya, karbu bisa digunakan dengan bensin / BBG tinggal mengatur diselangnya saja asal selang lubang pembuangan bensin yang overlod di karbu ditutup rapat hingga gas tak akan bocor jika menggunakan BBG.
Selamat berinovasi Brooo……
Trims………
vacumm valve (membran) dengan katup bensin otomatis mempunyai fungsi dan cara kerja yang sama, hanya beda pada “kapasitasnya”. Jika katup bensin otomatis akan digunakan untuk kit lpg harus diganti dulu pegasnya dengan yang lebih keras, kira2 100 cm WC.
ada yg bsa lgsg ngrakit gk ya…soalny…q buta banget lo seni perbengkelan…
saya berexperimen dg one way valve…
oke saya coba untuk disel air selama ini aman ,
masyaAllah…diesel air? maksudnya diesel dg bahan bakar air?… ada ulasanya bro… share dunk…
tapi menurut saya, itu riskan dan beresiko bila pemehaman dan sistim pengamanannya tidak betul2 di perhatikan soalnya kendaraan kan banyak guncangan.
Biar bagaimanapun pemanpaatannya lebih praktis minyak bumi.
Mas, kalo mesin injeksi, bisa langsung diaplikasikan lewat nozzle nya gak..
atau masih ada tambahan lagi membran…
wahh ini dluar tektual tema…semoga ada yg berkompoten, membantu menjawab pertanyaan mas iswoyo…
waah sy tertarik skali, bisa digunakan pada motor apa saja? skuter bisa? dgn sistem injeksi apakah bisa krn sdh dikontrol dgn controller? di tunggu info pemasangan dan harga di 32623333 / activcom99@gmail.com.
maaf sebelumnya saya hanya ingin meluruskan, buat admin tolong lebih dipikirkan dan ditelaah tentang Elpiji sebelum menulisnya, pertama-tama tidak ada tabung elpiji yang meledak. Yang ada “Elpiji” nya yang meledak bukan tabungnya, kedua tabung ELPIJI yang sesuai standar nasional indonesia (SNI) dapat menahan tekanan sampai 13 kali tekanan elpiji dimana tekanan elpiji normal adalah 4 sampai 8 bar, ketiga BATAN tidak mengurusi hal-hal semacam itu, tp BPPT lah yang bertugas dalam hal ini. Idenya memang bagus, dan Elpiji memang bisa digunakan sebagai pengganti bbm kendaraan bermotor, tapi mohon untuk memberikan informasi yang relevan dan benar agar masyarakat tidak mendapat informasi yang salah. Terima kasih.
mohon maaf sekali jk ada informasi yg kurang tepat.semoga komentar anda menjadi ralat dari kesalahan yg dimaksud… tapi mohon di mengerti,dalam bahasa umum telah makruf…walopun scara spesifik yg meledak elpijinya,itupun sama dalm bhsa awam bahwa tabung yg meledak.terima kasih sekali atas masukanya…semoga dan inysllah yg selama ini salah sangka,akan mengerti dg penjelasan anda….
pak beli membran nya dimana yah atau saya bisa menghubungi anda dinomor mana??
cara membuat membran (vacumm valve) bisa dibaca disini:
http://motor-lpg.blogspot.com/2012/04/membuat-katup-vakum-untuk-konverter-kit.html
Aku juga mau coba, tapi nanti aku kasih tau kalo berhasil
penggunaan gas tabung seperti itu,dapat dipakai sampai jarak berapa kilo meter per jam???
terimakasih
Untk bro2 semua skedar komen ya….. Saya jg salah satu penggemar experimen2 Αρα saja dan salh satunya adalh BBG untuk motor maupun mobil, tApi lagi2 Ɖ negara kitA ini klo ada putra bangsa yg berinovasi bagus dan sdh uji cobA dan prlu penyempurnaan malah ditangkep yg katnyA hars izin sana sini dan segala macem jadinya mandeg lagi brooo
Dan bikin izin itu Ɖ negara kita katanyA G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ mudah makanya jadi liyeur. Eeeyyy
pak dimana saya bisa beli alat tambahannya?
mohon infonya. jackumbrella12@gmail.com
kalo sekedar 1 kg gas berbanding 100 km dengan asumsi harga gas sekitar Rp 5000. sama halnya dengan bensin yang dipakai honda nf 125 lebih jelasnya honda pernah mempublikasikan 1 liter bensin mampu menempuh 112 km, dan saya sebagai pengguna juga pernah mencobanya dengan hasil yang tidak jauh beda. tergantung cara mengendarai dan beban yang ditanggung sepeda motor
Saya sudah berekperimeen dgn bbg lpg untuuk motor dn alham dulilillah berhasil dan sangat irit, cukup sangat membantu bg sy. nmun msh minim safti.
Dan untuk melengkapi sefti dr bbg saya sangat membutuhkan yg namanya vakum valve dan sklar selenoid 12v, namun di daerah km sangat sulit mendapatkanya, bahkan kebanyakan org toko tak ada yg pahan dgn alat yg sy maksud.
Jd kpd rekan2 sekalian bs dong bantu saya untuk mendapatkan barang yg sy maksud. Trms
Suryadi_sury@yahoo.com.
ini pertanyaan motor lpg yang anda bikin apakah:
1. di tanjakan ?
2. start,stop saat macet di jalan, mensin nggak mati ?
3. tidak merubah spesifikasi di stnk (bahan bakar:bensin) ?
4. jika lpg habis, dorong ?
5. asklerasi kontan: saat menyeberang atau nyalip ?
6. murah,gampang bikinnya ?
nah jika bisa semua, berarti motor anda OK
jawabannya ada di bensinvslpg.blogspot.com
silahkan di baca, kalau bisa dibikin, murah, mudah
saya share koq