Kini izinkan menambah wawasan dunia kendaraan motor. Sepeda motor sudah bukan menjadi barang istimewa, hampir semua lapisan masyarakat mempunyainya. Hemat bahan bakar menjadi perhatian khusus setelah harga semakin lama semakin mahal.Bagi orang kaya, BBM tidak menjadi masalah tapi jadi perhitungan penting untuk masyarakat menengah kebawah.Bagaimana harus hemat BBM. Simak trik agar berkendara super hemat BBM, hasil jelajah di kaskus.
Bahan bakar yang boros selalu menjadi masalah bagi pengendara sepeda motor. Menguras kantong dan membuat repot, harus sering kali mencari SPBU.
Lalu, bagaimana caranya agar motor yang kita kendarai, tidak terlalu banyak ‘memakan’ bahan bakar?. Berikut tipsnya:
1. cek tekanan ban.
Mungkin terlihat sepele, tapi manfaatnya cukup besar dalam menekan konsumsi bahan bakar. Karena kalau tekanan angin kurang, sesuai riset, dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi, pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
2.cek kondisi roda.
Contoh dari kelurusan putaran, kelancaran putaran roda dan lainnya. Service bila putaran roda berat atau tak presisi, jelas akan memperlambat laju motor, pemicunya pelek tidak center(speleng),bearing roda aus, atau kurang pelumasan dan sebagainya.
3. atur jarak main rem.
Sebab,bila rem sampai menempel,tentu akan membuat lari motor jadi berat. Sehingga pemakaian bahan bakar tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Makanya,atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakang minimal 1/3 dari jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan telalu rapat, karena dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
4. pelumas.
Daya lumas oli yang baik, mampu membuat putaran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan tenaga mesin lebih optima, sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bahan bakar hemat. Ingat pengantian oli yang rutin dan tidak melebihi batas servis yang di anjurkan (tiap 2.000-2.500KM) akan membuat performa mesin selalu segar dan putarannya lancer.
5. setel katup.
Celah katup terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat, efeknya, bahan bakar banyak terpakai. Untuk itu, kerenggangan komponen ini perlu disetel tepat sesuai spesifikasi motor masing.
(kaskus.us)
Judul asli: Strategi Irit Bahan Bakar Motor
Catatan tambahan admin:
- keseimbangan putaran mesin dan perpindahan gigi juga sangat berpengaruh pada keiritan. Gampangnya sesuaikan kecepatan dengan perpindahan gigi, jangan memaksakan gigi dua padahal harusnya gigi 4.
- Memanfaatkan gaya gerak.Tidak monoton meng akselarasi saat jalan lurus,sesekali tancap gas dan sesekali trunkan gas pelan2 . Begitu juga saat tanjakan tinggi buatlah ancang-ancang sehingga saat menanjak tidak terlalu meng ‘gas’ .Jangan membuat mesin ngoyo.
nice info
senang berbagi, n moga faedah.thnks jg mampir…
senang berbagi, n moga faedah.thnks jg mampir…
terima kasih infonya…coba dulu yah
sama2 fren…moga manfaat.thnku juga mampir.
ada satu lagi nih.. ngga usah ngebut2 klu ngga perlu. jangan kepancing sama yang lagi ngebut klu lagi di jalan. klu mau ngebut di sirkuit aja lebih seru jangan jadi jago kandang ok/
cheers
hehe…suwun mampir.
Info yang bagus buat pengguna motor dan mobil….nanti gue coba…..Salam kenal dan penuh persahabatan dari Kalimantan…
jazzakallahu khair telah mampir.salam ukhuwah juga…
wahh…..sgt bermanfaat infonya….
thanks infonya gan…….
knjungi jg blog saya :
areeve
blog detik
slm knl,,,,,,
sama2 fren,maksih berkunjung.insyallah mampir
permisi, salam kenal…
sedikit tambahan:
sebaliknya juga jangan memakasakan pakai gigi 4 padahal seharusnya pakai gigi 2. Pasti gas diputar dalam dan motor tetep nggak mau lari karna torsinya kurang… nggak cuma jadi boros, tapi klep di mesin jadi cepet rusak 🙂
hehe..maksud ane juga begitu,keseimbangan.maksih mmpir dan apresiasinya.: )
Makasih atas masukannya tuk + ilmu , salam kenal dr Banyuwangi kota jawa pling ujung timu . Makasih banyak akan aku coba !B-):-*