simpan artikel ini dalam dokumen PDF. Download.
BBM yang terus naik dan naik lagi, semakin menyusahkan rakyat menengah kebawah. Karena sikond demikian, ada seoarang yang kreatif membuat alat penghemat BBM untuk kendaraan khususnya sepeda motor dan mobil. Menurut sang pembuat,telah diuji coba dan hasilnya sangat lumayan menghemat BBM . PENASARAN??? langsung aja simak berita dan bagaimana bentuk juga cara teknik kerjanya.
MEMBUAT ALAT PENGHEMAT BBM
oleh: P.Joko
Membuat alat penghemat BBM ini pada dasarnya dengan cara memecah molekul air( H2O) agar menjadi gas hidrogen( H2), dengan bantuan energi listrik dari kendaraan. (2H2O→2H2+O2) Kemudian gas hidrogen yang dihasilkan tersebut di injekan ke “manifold” (intake manifold yaitu pipa saluran untuk masuknya uap gas dari karburator ke ruang mesin) kendaraan.
Silahkan dilihat skema,nya ada di bawah ini:
Ini skema untuk sepeda motor,
Sedangkan yang di bawah ini, skema penghemat BBM untuk mobil:
Tulisan ini dibuat pada tanggal 18 juli 2010 saat alat penghemat BBM tersebut sedang saya terapkan pada sepeda motor Jupiter Z burhan, gambarnya ada di bawah ini:
Kondisi motor masih standar, dulunya 1liter premium cuma bisa sejauh 37-45km, dengan tambahan alat penghemat BBM ini 1liter premium bisa menempuh jarak sejauh 65-70km. Walaupun penggunaan BBM semakin irit, tapi tenaga motor juga terasa makin gesit dan lincah.
Di bawah ini adalah gambar tabung yang saya gunakan untuk menghasilkan gas hidrogen:
Di dalam tabung tersebut berisi: elektroda-elektroda yang terbuat dari penggaris stainless dan soda kue yang dilarutkan pada air murni( H2O), dalam hal ini saya hanya menggunakan air hujan hehehe.
Ini gambar elektroda-elektrodanya sebanyak lima buah yang saya susun – + – + – :
Elektroda-elektroda tersebut dirakit dengan jarak 5mm kemudian di lem besi, sedangkan ujung atasnya dirangkai dengan mur baut untuk menyambungkan ke kabel tegangan positif dan negatif, ini gambarnya:
Di bawah ini gambar soda kue yang masih dalam botol, soda kue tersebut saya larutkan dalam air murni yang ada dalam tabung elektrolizer sampai lampu 12volt/25watt menyala dan elektroda-elektroda negatif(-) mengeluarkan gelembung-gelembung udara.
Oh iya, setelah merakit dan mencoba tabung elektrolizer tersebut berhasil, kemudian pada output tabung elektrolizer saya tambahkan satu tabung lagi dengan ukuran agak kecil sebagai pengaman yang berisikan air biasa, saluran input yang berada dalam tabung disambung dengan slang sampai menyentuh di dasar air, kemudian output dari tabung pengaman tersebut di ijekan ke manifold. Ini gambar tabung pengamannya:
Pada praktek ini saya menggunakan penyearah dioda kuprok 25Amper, tabung elektrolizer menggunakan botol kaca bekas wadah acar mentimun, tabung pengaman menggunakan botol plastik bekas wadah kopi moca (hehehe ternyata lumayan murah meriah dengan barang-barang bekas yang didapat dari dapur). Untuk sambungan slang ke tabung pengaman maupun tabung elektrolizer memakai pipa L aquarium, sedangkan sambungan slang ke manifold memakai pipa T aquarium(ini saya harus beli, karena di dapur tidak ada hehehe), sambungan T itu kan ada tiga ujung, caranya, cabut dulu sambungan slang dari manifold ke vacum kran bensin, kemudian ujung “T pertama” disambungkan dengan menambahkan slang kira-kira 3-5cm masuk ke “manifold”, ujung “T kedua” ke “slang vacum kran bensin”, ujung “T ketiga” ke “slang output tabung pengaman” hidrogen.
Bila setelah dipasang alat ini ternyata saat langsam putaran mesin jadi tinggi, putar saja skrup stelan stasioner gas yang ada pada karburator sampai diperoleh putaran mesin sesuai dengan yang dikehendaki.
Hati-hati saat merakit alat ini, karena sifat gas hidrogen sangat mudah terbakar, beberapa waktu yang lalu di awal-awal praktek saya tidak percaya kalau gas hidrogennya ada, untuk membuktikan pernah saya coba pada pipa saluran keluar dari tabung elekrolizes disambung dengan slang bening kira-kira 1meter, kemudian ujung slang saya sulut dengan korek api, pikir saya saat itu kalau gas hidrogennya memang ada, pasti ujung slang bisa menyala seperti lampu karbit ataupun las karbit, eh ternyata api malah terhisap melalui slang dan kemudian “DAARR…!!!” tabung meledak sangat keras, tutup tabung copot, elektrodanya terhambur keluar, lampu 12 padam, saya hanya bisa bengong sambil menyadari baru saja melakukan tindakan bodoh, untung tidak sampai luka atau cidera.
sumber: ekamaya.wen.ru (MEMBUAT ALAT PENGHEMAT BBM)
simpan artikel ini dalam dokumen PDF. Download.
artikel terkait:
Tips Perpanjang Masa Pakai Accu Kendaraan
Kompor Berbahan Bakar Air
8 Tips Teknik Agar Motor Irit
Penghapus Papan Tulis Elektrik
Bahan Bakar GAS Untuk Sepeda Motor
Tips Trik Irit Bahan Bakar Motor
HALAMAN LAINYA
mau tanya nih bro…
tentang skema pada motor, kalau tanpa lamp gimana?
alias dari kiprok/dioda langsung ke elektroda apa pengarhnya
tq….
minta penawaran dikirim ke email saya,,, harga resale
thankz
coba hubungi langsung sumber artikel ini
untuk mesin kijang 5 k bisa kg?
soalnya boros bgt ne…………..
mas nyambung selang T yang dari tabung elektrolizer langsung keselang bensin yaa
fungsi tabung pengaman apa ya?
Mksndy saya butuh dsain complet ny..
tlong y…
mas kl gp pro itu manipolnya kan karet jadi kl di lubangi kan jadi rusak soalnya kl udah panas dia kan lembek; gimana cara memasukan selangnya ? ada solusi lain gak ? apa lewat jalan angin di depan karbu juga efektif ?
mas tolong kirim ke emai saya dong saya tertarik untuk pembuatan TA saya boleh kan,,,,, (titok.prasetyo@yahoo.co.id)
makasih
mohon maaf mas,ntuk teknik detailnya saya tidak mengetahuinya. sementara hanya info ini yg tersedia…
pleace
Elektrodanya harus brapa keping ya mas.
maaf bro…detailnya teknis tdk ada…
Sama seperti sya, jg meledak, karena masih
Nyoba. Thanks
meledak itu karena flashback api.sbenarnya saya pernah nyaksiin pemasangan gas pada perusahaan taksi,tp itu sudah lama sekali(1996).saya berfikir jika alat2 itu juga di implementasikan pd sepeda motor. pasti ada yg ngejual vakum flashback api,tuk mengatasi titik balik api itu.tapi sekarang apa ada.
bisa gak kalo pake gas isi ulang mancis langsung di colok ke intek sepeda motor tu hasilnya gimana ?
bisa juga kayanya…cuma butuh relay vakum tuk cegah flashback api dan mngatur masuknya gas ke intek
saya baru baca, mau coba..apa sdh ada produk siap jualnya??
pesan kemana nih??
belum atau gak ada penjual resminya sampe skrg, yg saya ketahui. tapi bisa anda coba ke tukang servis motor yg kredible.. inysallah bisa bantu bro…
bagus sekali
bismillah..
assalamualaikum wr wb..
saya bingung rangkaian elektrodenya bang… digambar cuma 2 elektrode tapi di tutornya pke banyak elektrode..
trus di gambar kan pke air murni alias aquades.. trus kenapa harus pke soda yg dilarutin??
mohon penjelasannya.. terimakasih.. ^_^
Elektroda itu contohya besi atau almunim gan tlg dibantu
Ok banget
Om,saya pesen 1 alat penghemat BBMx khusus mobili bisa?
Tolong bls Sms 085645558436 adit
maaf bro…hanya info…penghemat jenis standart ada di workshop2 accesories..lngsung ke tkp aja…met sukses
search aja stanley meyer, hidrocell, elektrolisa air,
teknologi lama!
pertanyaa retoris :
apakah energi listrik yang dipakai sebanding dengan BB yang dihasilkan?
Pak. Kalo alat buat mobil harganya berapa pak? Yg udah jadi.
aq jg prnah bikin,hasil’a irit bgt…
jrak tmpuh bandung-tasik cmn abis 5000 z (hrga/liter = 4500),..
tp yg bkin was2 tkt mldak neh tbung elektrolisa’a,ky’a perlu vakum flashback tp nyari’a dmn???
trus klo pke soda kue apa bagus,soal’a aq pke KOH harga’a mahal bgt neh…
mhon pencerahan’a gan…
😀
masyaAllah salut bro..udah nyoba alat penghemat…moga ada agan2 lain yg expert…melengkapi kekuranganya…
assalamualaikum ….
maaf , kok saya gak keluar ya gas HIDROGENNYA ?
kelihatannya ckp sederhana namun masuk akal juga, bagaimana kalau dikomparasi sistem kerjanya dengan xpower ? mungkin bisa sebagai bahan referensi untuk lbh baik lagi dikemudian hari.
apa gak sebaiknya pada tabung antara elektroda – dan + diberi penyekat? kan dari kutub + akan menghasilkan oksigen,dan yang dibutuhkan hidrogen yang dihasilkan dari kutub -,,terima kasih.
cukup menarik.. gtolong dong pada gambar cara merakit elektrodanya di perjelas dong.. dan ukuran tinggi ukuran jarak dan cara merakitanya di perjelas mas broo.. dan untuk ukuran airnya dan campurnnya berapa takarannya ya.. dan be arti ini juga masih menggunakan bensin ya mas broo… ku kira pengganti hehehe tapi cukup menarik sip sip
kalo mau masang alat penghemat bbm di atas di mana ya.
kalo ada yg tau no.telponya mas joko tolong kirimin dong
bisa gk beli alat yg sudah jadi.,trus gimana transaksinya mohon jawabanya.